Inilah Cara Menghemat Biaya untuk Kebutuhan Makan sehari-hari

Seputarberita.net – Untuk sebagian orang, berbelanja produk kebutuhan makanan sehari-hari setiap pekan dapat sangat menguras dompet. Berbelanja dengan tepat, salah satunya menerapkan sederet trik sederhana tapi ampuh bisa sangat menghemat pengeluaran saat berbelanja mingguan atau bulanan loh.

Maka dari itu, mengetahui apa saja trik-trik berguna untuk menghemat sekian dana saat berbelanja di supermarket penting adanya.

Berikut 6 cara menghemat biaya belanja kebutuhan makanan sehari-hari berikut ini.

Membeli bahan makanan yang sedang musim

Membeli buah atau sayur-mayur yang sedang musim atau istilahnya eat seasonally, disebutkan bisa jadi cara untuk menghemat pengeluaran. Saat hendak berbelanja, cari tahu apa yang sedang musim dengan mengunjungi pasar tradisional setempat.

Simpan bahan makanan dengan baik

Sebagian orang belum sadar bahwa cara penyimpanan bahan makanan yang baik dan tepat, dapat berdampak pada kecil besarnya dana belanja yang dikeluarkan. Logikanya, selama bahan produk makanan disimpan dengan baik dan tepat, maka akan bertahan lama dan tetap punya rasa yang enak. Salah satu contohnya, ialah dengan meremajakan sayur-mayur di kulkas dengan meletakkannya di dalam air selama 10 hingga 20 menit lalu dipintal hingga kering, bisa membuat sayuran jadi lebih tahan lama selama tiga hari.

Manfaatkan bahan sisa

Seringnya pada sayuran, kita kerap membuang bagian-bagian sayuran yang masih berharga dengan sering tidak menghabiskan sayuran secara utuh. Tapi dengan metode root stem eating, yang mana adalah tren di dunia makanan, kita bisa melakukan penghematan. Misalnya pada brokoli, bagian batangnya tidak perlu dibuang. Jika tidak suka untuk dimakan, bisa dimasukkan sebagai bahan tambahan untuk sup, masakan rebusan, dan saus.

Patuh pada daftar belanja

Salah satu aturan paling jelas saat berbelanja, saat berbelanja baik itu di supermarket atau pasar tradisional usahakan sebisa mungkin hanya membeli bahan atau produk sesuai dengan daftar kebutuhan. Disebutkan, sebetulnya tata letak supermarket itu dirancang untuk membingungkan para pembeli dan sekaligus membuat pembeli menghabiskan lebih banyak uang daripada yang dibutuhkan. Patuh pada daftar belanjaan yang dibutuhkan, dan hindari berbelanja saat perut sedang lapar karena hanya membuat diri menjadi bernafsu semata alias “lapar mata” saja.

Tidak perlu membeli “superfoods”

Beberapa waktu belakangan ini, begitu banyak produk atau bahan makanan yang disebutkan sebagai “superfoods”, yang diklaim dapat melakukan segala hal mulai dari meningkatkan kondisi kulit hingga membantu menurunkan berat badan.Sebenarnya, meskipun kadang-kadang makanan-makanan ini baik bagi kita, tetapi buah dan sayuran yang tidak terlalu mahal alias biasa saja juga bisa memberikan dampak baik untuk tubuh. Sebut saja mulai dari brokoli, kembang kol dan bayam adalah makanan super yang harganya terjangkau.

Beli dalam jumlah banyak

Jika memang dana mencukupi, direkomendasikan untuk membeli bahan atau produk makanan langsung dengan jumlah cukup banyak. Jika tidak diolah langsung, bisa diakali dengan cara meal prepping (persiapan menu makanan selama satu pekan hingga satu bulan) atau dibekukan.

Demikian – Inilah Cara Menghemat Biaya untuk Kebutuhan Makan sehari-hari

Artikel Kategori Food Lainnya :

11 Manfaat Kulit Pisang yang Mungkin Tidak diketahui Oleh Kalian