11 Manfaat Kulit Pisang yang Mungkin Tidak diketahui Oleh Kalian

Seputarberita.net – Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. Ă—paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Perlu disadari, istilah “pisang” juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas.

Seputarberita akan membahas manfaat dari “Kulit Pisang” yang anda tidak ketahui.

1. Membersihkan kulit

Gunakan kulit pisang dan letakkan di kulit wajah, dengan sisi putih ke bawah. Pijat dengan lembut selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Ini efektif dalam mengobati jerawat.

2. Dapat dijadikan body scrub

Ambil satu pisang matang dan campurkan dengan 2 sdt gula kastor dan beberapa tetes minyak esensial. Gunakan scrub ini dua kali seminggu dan lihat perubahannya. Sangat efektif untuk kulit kering.

3. Pelembab kaki

Daging pisang sangat ideal untuk pijat kaki. Di musim dingin, gunakan pisang matang untuk memijat rasa dan melembapkannya. Penggunaan pisang matang untuk membersihkan kaki juga membuat mereka tidak bau.

4. Semir sepatu

Lupa untuk menyemir sepatu? Jangan khawatir, gunakan sisi dalam pisang matang untuk menyemir sepatu dan Anda siap untuk melangkah keluar dengan percaya diri. Pastikan bahwa kulitnya berwarna kuning dengan bintik-bintik coklat.

5. Mengkilapkan kayu

Anda juga bisa menggunakan kulit pisang untuk menyemir kayu. Shiner alami berbiaya rendah ini mampu meningkatkan usia lapisan poles.